Sabtu, 19 Maret 2011

Sekapur Sirih Tentang 50 Tahun Pramuka Untuk Persaudaraan

Salam Pramuka,

Assalamu'alaikum wr.wb.

Persaudaraan merupakan jalinan kasih yang saling percaya dan saling mengerti satu sama lain.

Tanpa adanya rasa memiliki tidaklah mungkin suatu persaudaraan akan harmonis. Layaknya tanaman yang tidak pernah disiram, apakah akan tumbuh subur? Tentu jawabannya tidaklah mungkin akan subur.


Pramuka dalam menyatukan tali persaudaraan tidaklah tiba tiba (dalam waktu singkat) namun butuh waktu yang lama. Pramuka adalah suatu wadah pendidikan non-formal yang berperan ganda dalam mendidik anak sesuai dengan perkembangannya.

Gerakan Pramuka selalu memberikan hal-hal yang menarik dan hal tersebut tidak lepas dari persaudaraan. Kegiatan-kegiatan dalam Gerakan Pramuka seperti berkemah dapat menjadi contoh persaudaraan yang dibangun oleh Pramuka, karena dalam berkemah semua kegiatan dilakukan tidak hanya satu orang ,misalnya saja masak pasti dilakukan bersama-sama agar cepat selesai.

Anggota Pramuka juga saling tolong menolong misalnya,dalam lomba tali-temali masih diperbolehkan tolong-menolong ketika peserta kekurangan tali, maka peserta lain diperbolehkan meminjamkan bahkan memberikan tali. Itu adalah salah satu contoh kecil dari Gerakan Pramuka  Untuk Persaudaraan.


Wassalam.

12 komentar:

  1. di dalam pramuka kita dapat mempunyai banyak keluarga yang bisa kita ajak susah senang bersama

    BalasHapus
  2. Memang benar,kalo menurut saya bisa dibilang kita adalah Keluarga Seperjuangan...

    BalasHapus
  3. Pembentukan jiwa dan karakter pemuda bangsa...
    setuju dengan pernyataan diatas.

    salam hangat perkenalan :)

    BalasHapus
  4. tapi tak dipungkiri dalm keluarga mungkin dapat timbul suatu perselisihan, ketidaksukaan, masalah, perbedaan pendapat dan lain sebagainya.
    disinilah salah satu fungsi kepramukaan.
    kita bersama dididik menjadi seorang yang selalu siap SIAGA, yang selalu MENEGAKKAN kebenaran dan keadilan serta mampu menjadi seorang yang MEMANDEGANI anggota yang lain, yang semuanya bisa kita jadikan suatu pelajaran untuk menjalani segala permalahan yang kita hadapi dihidup ini.

    BalasHapus
  5. Gerakan Pramuka yang di tetapkan berdasarkan keputusan Presiden RI no-238 tahun 1961.Gerakan ini lahir setelah Ir.Soekarno dan di dukung oleh Kepanduan Nasional saat itu Sultan Hamengkubuono IX yang melihat kecenderungan kurang sehat, dengan banyaknya organisasi yang pada saat itu berjumlah 60 organisasi kepanduan,yang sebagian berafiliasi pada partai-partai politik yang akhirnya timbul persaingan yang tidak positif, saling menonjolkan diri sebagai yang terbaik.
    gerakan pramuka terbuka untuk kritikan, masukan dan saran, terbuka untuk siapa saja warga negara RI yang ingin mengikuti Pramuka.
    Menjelang hari pramuka ke-50, 14 Agustus 2011. Selain ini Pramuka telah berusaha menjadi organisasi atau wadah bagi para kader muda untuk menjalin persaudaraan;
    dan apabila selama ini, gerakan Pramuka untuk persaudaraan dirasakan kurang, mari kita bersama-sama memperbaiki, mengembakan gerakan Pramuka agar lebih berkembang,"SATU PRAMUKA, SATU INDONESIA",
    Gerakan Pramuka selama ini telah berperan penting dalam menumbuhkan rasa persaudaraan diantara para anggota. dengan berbagai latarbelakng, perbedaan, serta paham yang mungkin dapat memecah belah bangsa, namun dengan adanya Gerakan Pramuka semua itu tidak nampak dalam diri setiap anggota.

    BalasHapus
  6. kita satu keluarga.......
    heheehe

    BalasHapus
  7. persaudaraan dalam pramuka harus ada di setiap diri anggota pramuka, karena pramuka merupakan anggota besar yang terdiri dari setiap karakter, sifat, warna kulit, bahkan lapisan budaya dari masyarakat masing-masing. maka dari itu jangan pernah kita untuk memungkiri bahwa kita itu adalah ikhwatun (bersaudara), karena dalam islam juga dikatakan bagaikan kaljasadi wahid yang artinya satu tubuh yang memiliki.tetapi didalam ambalan kami serting mengikrarkan dengan kata "one soul same Feeling", dan kata yang pernah kita dengar adalah JIWA KORSA.

    pramuka tidak peduli dengan sesama!!! apa kata DUNIA????

    BalasHapus
  8. tak peduli jauh atau dekat yang penting semua pramuka = saudara

    BalasHapus
  9. yang jelas semua pramuka itu saudara

    BalasHapus
  10. Remember..!!! One World,One Promise...
    Jaya Pramuka

    BalasHapus
  11. SETUJU...!!
    Itulah makna yang sesungguhnya HARUS ADA dalam kegiatan pramuka, tapi tidak dipungkiri kadang ada karena perebutan kemenangan dan peraihan juara, mereka melupakan azaz" yg menjadi tujuan sebenarnya dalam kepramukaan yaitu persaudaraan dan saling menghargai.
    Yang menang semakin sombong
    yang kalah merasa dengki.

    semoga tidak akan terjadi lagi setelah membaca blog Pramuka ini... Amiiin

    Jaya Prapadra.(Rain)

    BalasHapus

Terima Kasih Telah Memberikan Komentar
Salam hangat dari kami
Salam Pramuka !