Minggu, 27 Maret 2011

Kehadiranmu

Oleh : Khusnul Khotimah
Dalam “50 Tahun Gerakan Pramuka Untuk Persaudaraan”.

50 tahun sudah Gerakan Pramuka hadir di tengah-tengah kita. Bukan tanpa alasan Gerakan Pramuka mampu bertahan dan tetap menjadi organisasi idaman bagi pemerintah. Gerakan itu sendiri adalah organisasi pendidikan nonformal yang bertujuan membentuk karakter/watak dengan semboyan “Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana”.
                Kalau kita flashback ke masa lalu,kita bias ingat kembali Gerakan Pramuka lahir pada tahun 1961,hingga sekarang keberadaannya masih bisa kita lihat. 1961 – 2011, 50 tahun sudah dan 50 tahun bukanlah waktu yang singkat. Butuh perjuangan untuk dapat bertahan di tengah dunia yang semakin berkembang dan zaman globalisasi ini. 

                50 tahun sudah Gerakan Pramuka memberikan manfaat yang cukup besar,berperan penting dalam menyiapkan kader-kader bangsa yang sesuai isi Dasa Dharma. Berbagai pelajaran dan ilmupun dapat kita serap melalui kegiatan-kegiatan yang ada di Gerakan Pramuka.
                Terkadang kegiatan Pramuka yang monoton menjadi alasan bagi beberapa orang untuk menjelek-jelekan Gerakan Pramuka ataupun hanya sekedar untuk menghindar dari kegiatan Pramuka yang diadakan instansi pendidikannya. Namun sebernarnya mereka tak tahu apa yang ada di dalam Pramuka. Mereka tak tahu betapa asyiknya Pramuka. Tapi itu adalah hak mereka karena Pramuka adalah organisasi yang keanggotaannya berdasarkan sukarela.
                Tak hanya dalam bidang intelejensi saja, Gerakan Pramuka juga menunjukan perannya mempersatukan anggota-anggotanya dalam Persaudaraan.
Baik di depan ataupun di belakang layar Gerakan Pramuka mampun memberikan nuansa baru terhadap rasa Persaudaraan di Indonesia. Dari yang hanya terikat hubungan darah saja, kini memnjadi hubungan yang tak dapat dibatasi oleh Suku, Agama, Ras dan Antar golongan, karena Gerakan Pramuka atau Kepanduan yang mempunyai sifat Universal, yaitu dapat digunakan dimana saja untuk mendidik anak-anak dari bangsa apa saja, kini benar-benar telah membuktikan perannya terhadap Ibu Pertiwi selama 50 tahun.
Jika kita bayangkan, 50 tahun adalah usia yang sudah sangat matang bagi manusia. Di usia ini kita benar-benar menjadi sosok yang bisa dipercaya bagi orang-orang yang ada di sekitar kita. Sama halnya dengan Gerakan Pramuka citraan tentang kehebatannya takkan pernah luntur. Mengenalnya adalah suatu kebanggaan tersendiri.
Perannya dalam mempersatukan Indonesia juga tidak bisa dipandang sebelah mata, Gerakan Pramuka kini menjadi sebuah jembatan penghubung bagi para anggota Gerakan Pramuka.

12 komentar:

  1. artikelnya tlah membangun semangat ku...makasih ..:-)

    BalasHapus
  2. sejarah pramuka sungguh mengena dalam htiku....hingga ku pun tertarik ntuk mmbaca artikel ni...aku tlah tmukan hal baru....
    artikelnya low bisa ..tentang kisah kehidupan juga ea....hehehehe

    BalasHapus
  3. agar bisa menghadapi jaman globalisasi saat ini, semua harus bersatu... karena anggota pramuka itu adalah satu keluarga,
    'One Feeling

    BalasHapus
  4. bagus bagus bagus....

    BalasHapus
  5. Pernah saya mendengar bahwa Kesatuan berawal dari pengorbanan yang bersumber dari hati...

    BalasHapus
  6. artikel ini sungguh menarik........
    semangat semangat semangat......=)

    BalasHapus
  7. selama 50 tahun pramuka ptelah mendidik para pemuda agar rasa persatuan dan persaudaraannya dapat tumbuh dan berkembang

    BalasHapus
  8. Kehadiranmu memang slalu kami tunggu.
    Di setiap keringat yang kami teteskan,terbesit angan akan harumnnya wangi perubahan akan Negeri ini. Kau tuturkan pada kami akan indahnya rasa Persaudaraan. Kau ajarkan pada kami pula bagaimana menghargai dan menyayangi.
    Tak henti-henti mulut ini mengucap terima kasih kepadamu..
    Mari kobarkan Semangat Persatuan kita dalam "50 Tahun Gerakan Pramuka Untuk Persaudaraan".

    Pramuka JAYA...!!!
    Salam Pramuka...

    BalasHapus
  9. terimakasih keluarga ku,,,,
    kehadiranmu selalu mewarnai hari-hari ku,,,,
    :))

    BalasHapus

Terima Kasih Telah Memberikan Komentar
Salam hangat dari kami
Salam Pramuka !