Senin, 19 Oktober 2015

Kebersamaan Di Perkemahan


Salam Pramuka !        
Post By : Tri Wahyuni & Riki Tri Pamungkas
Lapangan Desa Bandingan
Kec. Bawang Tanggal 12-14 Agustus 2015

Dikesempatan kali ini kami akan berbagi pengalaman ketika mengikuti Raimuna Ranting kemarin. Raimuna Ranting atau Rairan ini dilaksanakan di lapangan desa Bandingan Kec. Bawang tanggal 12-14 Agustus 2015. Kegiatan ini diikuti oleh hampir semua sekolah yang ada di Kec. Bawang, mulai dari SMA/SMK/MA, SMP/MTs hingga SD/MI. Untuk tingkat SLTA diikuti oleh 5 sekolah yang ada di kecamatan Bawang yaitu MAN 1 Banjarnegara, SMKN 1 Bawang, SMAN 1 Bawang, SMKN 2 Bawang dan MA Ma’arif Bawang. Di kegiatan ini ada beberapa pelatihan seperti Khotib / Qori, P3K, Melukis tong sampah, Pendidikan Remaja Sebaya, Perawatan Keluarga, Keamanan Kampung, Jurnalistik, Lalu Lintas, Pengaturan Rumah, Pemadam Kebakaran, dan Juru Masak.

Materi yang pertama yaitu Khotib untuk putra dan Qori untuk putri. Disini akan diajarkan bagaimana menjadi seorang khatib yang baik kemudian praktik untuk menjadi khatib di depan umum. Sedangkan Qori, diajarkan bagaimana membaca Al-Qur’an dengan benar dan menggunakan intonasi yang indah kemudian praktik menjadi Qori dihadapan peserta lain.
Materi P3K. Adalah materi tentang pertolongan pertama pada kecelakaan. Disini akan diajarkan bagaimana cara menolong orang yang sakit atau orang yang mengalami kecelakaan ringan. Misalkan ada orang yang pingsan, disini akan diajarkan bagaimana cara menanganinya dengan baik kemudian mempraktikannya.

Materi Perawatan Keluarga. Adalah materi tentang perawatan orang sakit yang dilakukan di rumah. Disini akan diajarkan bagaimana cara merawat orang sakit dirumah, seperti prosedur penataan tempat tidur, cara mengukur suhu tubuh, cara memberikan makanan kepada orang sakit, dll. Kami juga diajarkan bagaimana cara menggunakan APD ( Alat Perlindungan Diri ) seperti sarung tangan lateks, masker dan celemek kemudian mempraktikannya bersama dengan peserta dari sekolah lain.
Materi Pendidikan Remaja Sebaya. Adalah materi tentang masalah yang sering dihadapi remaja seperti pergaulan bebas. Kali ini kami diajarkan untuk menjadi fasilitator yang akan mempresentasikan tentang materi PRS dengan tema yang telah ditentukan panitia yaitu ‘pacaran’.
Materi Keamanan Kampung. Disini akan diajarkan bagaimana cara menjadi petugas keamanan kampung.  Lalu mempraktikannya di kehidupan nyata  dengan melakukan ronda malam di area perkemahan selama 2 malam.

Materi Jurnalistik. Di materi ini diajarkan bagaimana cara menggunakan kamera dengan baik sehingga menghasilkan dokumentasi yang baik pula. Disini juga diajarkan membuat artikel untuk membagikan hasil dokumentasi ke media sosial.
Materi Lalu Lintas. Mengajarkan tentang 12 gerakan dasar dalam lalu lintas kemudian mempraktikannya dengan peserta dari sekolah lain.
Materi Pengatur Rumah. Di materi ini akan diajarkan bagaimana cara membuat desain rumah menggunakan teknologi modern. Juga diajarkan pengaturan tata letak ruangan yang ada dirumah sehingga rumah terasa lebih nyaman.

Materi Pemadam Kebakaran. Pada materi ini diajarkan bagaimana rasanya menjadi pemadam kebakaran. Disini kami langsung praktik memadamkan api yang berkobar pada karung goni. Dan juga merasakan bagaimana rasanya menaiki mobil pemadam kebakaran.
Juru Masak. Juru Masak bukan merupakan materi. Tetapi langsung praktik dalam kehidupan nyata yaitu membuat makanan untuk anggota sangganya.
Dihari kedua ada kegiatan wide game untuk pramuka penggalang, sedangkan untuk pramuka penegak membantu panitia menguji penggalang dalam pos-pos.
Itulah beberapa kegiatan kami saat mengikuti Raimuna Ranting.
Dalam kegiatan ini ambalan kami Parikesit dan Chandrasakti mendapat beberapa piala lhoo.. yaitu :
·         Tergiat I Lomba melukis tong sampah Putri,
·         Tergiat II Lomba melukis tong sampah Putra, dan
·         Praktik keamanan kampung terbaik.
Waahh asyik kan kegiatan kami selama tiga hari dua malam itu. Walaupun disiang hari terasa panasnya sangat menyengat dan di malam hari dinginnya terasa menusuk tulang tapi tetap semangat pastinya karena kami anak Pramuka.
Ini dia beberapa foto kami sewaktu mengikuti Raimuna Ranting

Foto Apel Pembukaan :


Peserta Dari Parikesit :





Kegiatan Yang Ada Di Jambore Ranting & Raimuna Ranting Bawang:


Kegiatan Yang Ada Di Jambore Ranting & Raimuna Ranting Bawang:


Dan Di Dalam Perkemahan, Harus Dan Wajib Di Jalani Dengan Semangat Dan Ikhlas :





Di Saat Kami Membantu Panitia :



Bertemu Dengan Teman Teman Dan Adik Adik Yang Ceria :



Walaupun Di Rundung Kelelahan Tapi Harus Tetap Fight :




Dikala Malam, Menegakan Upacara Ulang Janji Bersama Rekan – Rekan Dari Ambalan Yang Bermacam - Macam



Dan Malam Di Perkemahan :



Saat Upaya Dan Harapan Berbuah Manis :

 







Foto Peseta Jambore Daerah & Raimuna Daerah Bawang :



   


 Nah demikian posting untuk kali ini. Nantikan posting postingan berikutnya,

 PRAPADRA JAYA!!!!!!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Memberikan Komentar
Salam hangat dari kami
Salam Pramuka !