Selasa, 05 Januari 2016

Ekspedisi Prapadra



EKSPEDISI PRAPADRA – JELAJAH DITENGAH DINGINNYA SUHU PEGUNUNGAN

Salam Pramuka!
Post by : Tri Wahyuni

Kali ini kami akan berbagi pengalaman saat perkemahan Gladian Pimpinan Satuan Penegak  ( Dianpinsat ) yang kami beri nama Ekspedisi Prapadra. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12-14 Desember 2015 di Dieng, Banjarnegara. Geladian Pimpinan Satuan Penegak adalah tempat memberikan geladian atau latihan bagi pengurus Dewan Ambalan untuk : (1). Mengembangkan kepemimpinan (2). Meningkatkan kecakapan, keterampilan dan kemampuan dalam teknik kepramukaan (3). Menanamkan kesadaran akan tugas dan kewajiban sebagai ketua atau wakil ketua, pemimpin sangga atau wakil pemimpin sangga.
Tujuan Diampinsat :
1.     Meningkatkan pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan pengurus dewan ambalan, pemimpin-pemimpin sangga dan wakil-wakil pemimpin sangga sehingga mampu melaksanakan kepemimpinan.
2.     Mendorong para Pembina Pramuka dan Pembantu Pembina Pramuka menerapkan sistim among dan sistim beregu dengan sebaik-baiknya.
Kami memilih tempat di daerah pegunungan Dieng, mengapa? Karena kami menganggap berkemah di daerah pegunungan adalah hal yang mengasyikkan meski dengan suhu yang rendah. Dihari pertama kami memilih bermalam di sebuah TPQ yang berada di Karangtengah, Dieng Kulon. Hari selanjutnya kami bermalam di Kawasan Candi Arjuna dengan mendirikan tenda. Meski diterpa suhu yang terbilang sangat dingin, kami tetap semangat dalam menjalankan kegiatan ini karena sudah menjadi resiko kami memilih tempat berkemah di daerah pegunungan adalah suhu yang dingin.
Tips untuk menghadapi rasa dingin saat berkemah di daerah pegunungan :
1.      Menggunakan pakaian kering dan tebal ( seperti jaket ), kaos kaki, dan sarung tangan.
2.      Melakukan penyesuaian terhadap suhu dingin (aklimatisasi).
3.      Membuat minuman hangat.
4.      Membuat api unggun.
5.      Makan makanan hangat yang mengandung protein dan karbohidrat seperti nasi, ayam, telor, mie instan dan lain sebagainya.
6.      Istirahat yang cukup.
Berikut beberapa dokumentasi kegiatan Dianpinsat – Ekspedisi Prapadra : 








 Nah demikian posting untuk kali ini. Nantikan postingan berikutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Memberikan Komentar
Salam hangat dari kami
Salam Pramuka !